Jumat, 22 Mei 2009

Equatopedia Singkawang

Equatopedia Singkawang

Tahu
Salah satu penganan khas yang dapat ditemui di kota Singkawang adalah Tahu Singkawang. Tahu Singkawang dikenal memiliki cita rasa yang berbeda dari tahu lainnya. Makanan berbahan dasar kedelai yang dibuat secara tradisional ini terasa lembut dan terlihat bersih, berbeda dengan tahu umumnya yang mungkin terasa sedikit asam. Hasil sampingan dari pembuatan Tahu Singkawang, adalah bubur tahu dan air tahu.

Saat ini Tahu Singkawang dijual dengan harga bervariasi, untuk ukuran tahu yang besar dijual Rp 1.000,- per potong.Sementara tahu dengan ukuran biasa Rp 200,- hingga Rp 300,- per buah di tingkat agen.

Proses pertama dalam pembuatan Tahu Singkawang adalah perendaman kacang kedelai selama dua jam. Setelah itu kacang digiling lalu disaring untuk diambil airnya. Air saring kedelai tersebut kemudian dimasak dan diberi obat tahu.

Perbedaan pembuatan Tahu Singkawang dengan tahu lainnya terletak pada proses perendaman tahu. Tahu Singkawang di rendam menggunakan air garam, tidak menggunakan air cuka yang dapat menyebabkan tahu berubah menjadi kuning.


Sumber: Pontianak Online

Tidak ada komentar:

Posting Komentar